Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) TERHADAP KOMPETENSI GURU SEJARAH SMA NEGERI SE KOTA PALU
Nama: NURIYANTI
Tahun: 2025
Abstrak
Nuriyanti. 2025. Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) Terhadap Kompetensi Guru Sejarah SMA Negeri Se kota Palu. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Hasan, (2) Idrus. Penelitian ini bertujuan:Untuk menganalisis Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap kompetensi Guru sejarah SMA Negeri se kota palu jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Jumlah populasi dan sampel sama yaitu 36 orang guru dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling atau sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi, untuk diuji hipotesis dengan mengunakan rumus regresi linear sederhana. Uji validitas ini menggunakan rumus korelasi pearson product moment dengan tingkat signifikansi 5%. Adapun hasil penelitian bahwa: adanya Pengaruh Platform Merdeka Mengajar (PMM) terhadap kompetensi guru sejarah SMA Negeri Sekota Palu dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 kurang dari batas nilai signifikansi yang telah ditetapkan 0,05.dengan kontribusi B 0.690 (Hipotesis alternatif diterima). Adanya pengaruh Platform Merdeka Mengajar terhadap kompetensi guru sejarah SMA Negeri Se kota Palu dengan tingkat kontribusi pengaruh atau R² sebesar 0,426 (42,6%) dan nilai F Sebesar 29.220. Dengan adanya Platform Merdeka Mengajar, para guru merasa terbantu secara signifikan untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka. Kata Kunci : PMM,Kompetensi Guru

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up