JudulPEMANFAATAN MUSEUM SENJATA TRADISIONAL GUMA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN SEJARAH SISWA DI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU |
Nama: AMIRAH MAHMUD ABDULLAH |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu; (1) Bagaimana benda koleksi yang ada di Museum Senjata Tradisional Guma ? (2) Bagaimana tingkat kesadaran sejarah Siswa SMA Labchool Untad Palu ? (3) Bagaimana pemanfaatan Museum Senjata Tradisional Guma sebagai sumber belajar sejarah untuk meningkatkan kesadaran sejarah Siswa di SMA Labschool Untad Palu ? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan koleksi Museum, kesadaran sejarah Siswa Labschool, dan meng-analisis keterkaitannya dengan pemanfaatan Museum sebagai sumber belajar sejarah dalam meningkatkan kesadaran sejarah Siswa Labschool. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu; observasi, wawancara, dokumen. Kemudian data diolah dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data/kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa (1) Museum Guma adalah Museum khusus Senjata karena sumber sejarah yang menjadi koleksi benda (artifact) berupa benda senjata Tradisional (2) Kesadaran sejarah Siswa Labschool sudah dimiliki dan mengalami peningkatan saat kunjungan di Museum Guma. (3) Pemanfaatan Museum sebagai sumber belajar sejarah terbukti efektif untuk meningkatkan kesadaran sejarah Siswa Labschool. Pembelajaran di Museum menarik Siswa untuk bangga, bertanggung jawab, dan berkewajiban untuk menjaga dan melestarikan benda warisan budaya oleh leluhur pejuang di Tanah Kaili. Inilah yang meningkatkan kesadaran sejarah siswa. Kata kunci: Sumber Sejarah, Kesadaran Sejarah, dan Pemanfaatan Museum. |