Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSEJARAH PERKEMBANGAN SEKOLAH ISLAM TERPADU AL-FAHMI PALU PERIODE 2005-2023
Nama: LA ODE ASWAN
Tahun: 2025
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan latar belakang sejarah, Perkembangan Kurikulum, serta manajemen Kepala Sekolah Islam Terpadu Al-Fahmi Palu tahun 2005-2023. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Islam Terpadu Al-Fahmi Palu. Metode penelitian ini adalah metodologi sejarah. Metodologi sendiri berarti ilmu atau kajian yang membahas kerangka pemikiran (Frameworks) tentang konsep- konsep, cara atau prosedur yang menuntun penelitian menjadi sebuah rangkkaian ceritra sejarah. Sekolah Islam Terpadu di Sulawesi Tengah telah dimulai pada tahun 2001 dengan nama TKIT Pelita, Yayasan Al-Ikhlas. Menyusul kemudian, pada tahun 2005 terbentuk SDIT Al-Fahmi Palu, Yayasan Al-Fahmi. Kondisi sekolah yang baik, ramah anak, serta sekolah yang mencontohkan adab yang baik untuk anak-anaknya, serta dikotomi pembelajaran agama dan umum, menjadi dasar keinginan untuk menyebarkan fikrah agama (Islam) melalui sekolah, sebagaimana yang dilakukan oleh sekolah Karuna Dipa (Hindu). Kekhawatiran-kekhawatiran tersebut menjadi alasan utama yang melatarbelakangi terbentuknya Sekolah Islam Terpadu Al-Fahmi di Palu. Masyarakat industri informasi membutuhkan sekolah yang dapat menjawab tantangan zaman ini. Sekolah Islam Terpadu adalah salah satu model transformatif pendidikan Islam masa kini yang membedakannya dari madrasah maupun pesantren. Sekolah Islam Terpadu adalah sekolah yang mampu menginternalisasi nilai-nilai agama dalam semua mata pelajaran, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Komitmen para pendidik terhadap nilai dan moral yang menjadi budaya di sekolah tercermin dalam profil pendidik khas Sekolah Islam Terpadu, harus selalu dijunjung tinggi dan diamalkan, sebab siswa akan mempelajari dan melihat lingkungan belajarnya. Adapun profil guru Sekolah Islam Terpadu memiliki peran ganda sebagai muaddib, mu’alim, mudarrib, mu’ajih, dan musrif. Selain itu, Sekolah Islam Terpadu yang berpayung pada Jaringan Sekolah Islam Terpadu Indonesia (JSIT Indonesia) selalu melakukan pembaruan untuk mengikuti kurikulum pemerintah. Perubahan kurikulum segera ditindaklanjuti setelah pemerintah mewacanakan kurikulum Merdeka. Perubahan manajemen kepala sekolah, disertai dengan komitmen guru yang memiliki visi yang sama, menjadi dorongan utama yang menguatkan semangat para pendidik untuk segera melakukan perubahan. Kata kunci; Sejarah, Kurikulum SIT, Manajemen

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up