Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSEJARAH SMP AL-AZHAR MANDIRI PALU (1992-2022)
Nama: MOHAMMAD FADEL
Tahun: 2024
Abstrak
Mohammad Fadel, 2024. Sejarah SMP Al-Azhar Mandiri Palu (1992-2022). Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing Utama: Dr. Syuti, M.Pd. Pembimbing Anggota: Haliadi, S.S., M.Hum., Ph.D. Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan tentang (1) Mendeskripsikan sejarah perkembangan SMP Al-Azhar Mandiri Palu dari tahun 1992-2022, (2) Menguraikan nilai-nilai sejarah “kealazharan” sebagai landasan pendidikan di SMP Al-Azhar Mandiri Palu selama 30 tahun, dan (3) Menganalisis implementasi kebijakan yang dijalankan dari peraturan tatakrama dan tata tertib kehidupan sosial sekolah melahirkan siswa(i) berprestasi di SMP Al-Azhar Mandiri Palu. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah. Ruang lingkup temporal penelitian ini difokuskan pada tahun 1992 sebagai tahun pendirian dan persetujuan membuka SMP Al-Azhar Palu oleh Kakanwil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah sampai tahun 2022 sebagai sekolah yang masuk menjadi 100 terbaik se-Indonesia. Sumber-sumber yang digunakan berupa data dokumen, arsip, buku, wawancara, pengamatan langsung, serta perangkat-perangkat fisik seperti artikel dan jurnal pendukung lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Sejarah perkembangan SMP Al-Azhar Mandiri Pau merupakan bentuk buah pemikiran Abdul Basit Arsyad yang diprakarsai oleh ayahnya sendiri yakni KH. Rustam Arsyad dalam memimpikan membangun sebuah madrasah atau sekolah. Saat pertama kali didirikan dikenal dengan taman pengajian Diniyah Al-Azhar, setelah itu mengalami perubahan menjadi Madrasah Ibtidayah Al-Azhar, kemudian sampai dengan saat ini telah mengalami banyak perubahan, berubah menjadi pendidikan formal dikenal dengan nama SMP Al-Azhar Mandiri Palu; (2) Daya dukung nilai-nilai sejarah “kealazharan” sebagai landasan pendidikan di SMP Al-Azhar Mandiri Palu ditandai dengan dasar pemikiran ayahnya KH. Rustam Arsyad yang tetap menjalankan kaidah keilmuan yang dipegang sebagai bentuk ajaran pemikiran dari seorang tokoh bernama Said Idrus bin Salim Aljufri (atau dikenal dengan Guru Tua) dalam membangun sekolah. Pemikiran-pemikiran itu ialah dengan memahami Aqidah yang memiliki jiwa Ahlussunnah wal Jama'ah, kemudian memiliki syariah yang perpandangan kepada Mazhab Syafi?i, dan yang terakhir yaitu Tasawuf, bagaimana mereka memiliki Akhlaq yang merujuk pada Imam Ghazali atau bisa juga Imam Junaid Al-Baghdadi; (3) Kebijakan terhadap budaya peraturan tatakrama dan tata tertib kehidupan sosial sekolah di SMP Al- Azhar Mandiri Palu tertuang pada satu kebijakan yang dibuat dalam bentuk aturan dimaksudkan sebagai rambu-rambu bagi siswa(i) untuk bersikap dan bertingkah laku, berucap, dan bertindak dalam rangka menciptakan iklim dan kultur sekolah yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran yang efektif, baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Kata Kunci : Sejarah, Sekolah dan Kealazharan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up