Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMINAT DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 PALU DI MUSEUM SULAWESI TENGAH
Nama: ASRIANINGSI
Tahun: 2023
Abstrak
Asrianingsi, A31221001. Minat dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Melalui Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palu Di Museum Sulawesi Tengah. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembimbing (1) Juraid Abdul Latief dan (2) Suyuti. Studi ini membahas bagaimana (1) proses Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palu di Museum Sulawesi Tengah; (2) minat belajar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palu terhadap Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Museum Sulawesi Tengah; (3) prestasi belajar Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palu terhadap Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Museum Sulawesi Tengah. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Wawancara ditujukan kepada Guru yang mengajar sejarah, Kepala Sekolah, dan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palu. Teknik pengolahan dan teknik analasis data dilakukan dengan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan verfikasi data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tahapan Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) yang dilakukan Siswa SMK Muhammadiyah 1 Palu di museum Sulawesi Tengah yaitu: (1) melihat dan mengamati berbagai koleksi benda-benda peninggalan sejarah; (2) mencatat hal-hal yang berkaitan dengan lembar observasi yang telah disediakan; (3). Mendokumentasikan benda-benda peninggalan sejarah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Museum Sulawesi Tengah pada pembelajaran sejarah dapat mengurangi kejenuhan, meningkatkan minat belajar, menyenangkan, menarik, tidak membosankan, menambah wawasan dan pengetahuan serta membangkitkan semangat baru pada Siswa dalam belajar sejarah. Hasil penilaian menerangkan bahwa Pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) di Museum Sulawesi Tengah dapat meningkatkan prestasi belajar Siswa. Hal ini ditunjukan dengan persentasi ketuntasan nilai raport kelas X Tkj A dan X Tkj B mencapai 95,8 %. Kata Kunci: PPL, Museum, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up