Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN MOTIVASI DAN SUMBER BELAJAR MUSEUM TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMK BINA POTENSI PALU
Nama: REFIADY
Tahun: 2020
Abstrak
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara motivasi belajar dan sumber belajar museum terhadap hasil belajar sejarah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar sejarah siswa, hubungan sumber belajar museum terhadap hasil belajar sejarah siswa, serta hubungan motivasi belajar dan sumber belajar museum terhadap hasil belajar sejarah siswa SMK Bina Potensi Palu. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 250 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan nilai ujian siswa dan angket. Nilai ujian siswa digunakan untuk mengambil data tentang hasil belajar sejarah siswa sedangkan angket digunakan untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan motivasi belajar dan sumber belajar museum. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar sebesar 0,812, sumber belajar museum dengan hasil belajar juga menunjukkan hubungan yang kuat sebesar 0,806, sedangkan hubungan motivasi belajar dan sumber belajar museum dengan hasil belajar sejarah siswa memperoleh hubungan yang kuat sebesar 0,814.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up