Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM-BASED-LEARNING DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X MAN 2 KOTA PALU
Nama: SABRI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Sabri, 2020. Hubungan model pembelajaran Problem-Basic-Learning dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X MAN 2 kota Palu. Tesis. Program Studi Pendidikan Sejarah, Program Pascasarjana, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti., M.Pd, dan Dr. Nuraedah., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara model pembelajaran problem-basic-learning dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan model pembelajaran problem-basic-learning terhadap motivasi belajar siswa, hubungan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa,serta hubungan model pembelajaran problem-basic-learning dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar siswa pdada mata pelajaran sejarah di kelas X MAN 2 kota Palu. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 250 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara model pembelajaran problem-basic-learning terhadap motivasi belajar dengan nilai sig sebesar 0,002, hubungan model pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar juga menunjukkan hubungan yang kuat dengan nilai sig sebesar 0,048, sedangkan hubungan model pembelajaran problem-basic-learning dan pembelajaran langsung terhadap motivasi belajar sejarah memperoleh hubungan yang kuat dengan nilai sebesar 0,7484. Kata kunci : Pembelajaran PBL, Pembelajaran langsung, Motivasi belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up