JudulPENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKA MULTIKULTURAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: I WAYAN EKA SUPARTA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK I WAYAN EKA SUPARTA. 2021. Penanaman Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Sejarah SMA Negeri Model Terpadu Madani .TESIS. Program Pascasarjana Universitas Tadulako. Pembibing (I) Bapak H. Juraid Abdul Latief., (II) Bapak H. Muh. Ali Jennah. Penelitian ini bertujuan medeskripsikan Proses penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Model Terpadu Madani, indikator keberhasilan penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Model Terpadu, serta faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Model Terpadu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber informasi penelitian ini adalah Guru Pendidikan Sejarah, Kepala Sekolah, Serta Peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan Pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan data. Hasil penelitian ditemukan bahwa penanaman nilai-nilai multikulural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Model Terpadu dilakukan dengan kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas dengan bantuan dari semua warga SMA Negeri Model Terpadu Madani dengan cara memberikan keteladanan kepada peserta didik. Indikator keberhasilan penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri Model Terpadu Madani ditunjukan dengan respon peserta didik yang tinggi dalam kehidupan sehari-hari mengenai nilai teloransi, nilai demokrasi, nilai kesetaraan/kebersamaan serta nilai keadilan dengan harapan peserta didik mampu hidup berdampingan secara damai. Faktor pendukungnya adalah visi dan misi sekolah yang menyelenggarakan pendidikan tanpa diskriminasi, program-program sekolah yang mendukung penanaman nilai-nilai multikultural, sedangkan faktor penghambatnya adalah lemahnya motivasi diri dari para peserta didik, tingkat kemampuan dan kematangan emosional para peserta didik yang tidak semua sama. Kata Kunci: Nilai, Penanaman Nilai, Pendidikan Multikulktural, Pembelajaran |