Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KURIKULUM MERDEKA DI SMK DAN SMA MUHAMMADIYAH DI KOTA PALU
Nama: WILDASARI
Tahun: 2025
Abstrak
Wildasari. 2025. “Implementasi Pembelajaran Sejarah Pada Kurikulum Merdeka Di SMK Dan SMA Muhammadiyah Di Kota Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Windayanti. Penelitian ini membahas tentang (1) perencanaan pembelajaran sejarah pada kurikulum merdeka di SMK dan SMA Muhammadiyah di Kota Palu (2) pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kurikulum merdeka di SMK dan SMA Muhammadiyah di Kota Palu (3) evaluasi pembelajaran sejarah pada kurikulum merdeka di SMK dan SMA Muhammadiyah di Kota Palu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sejarah pada kurikulum merdeka di SMK dan SMA Muhammadiyah di Kota Palu. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan metode kualitatif, dan tahapan penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan pembelajaran sejarah di SMK dan SMA Muhammadiyah Kota Palu telah dilaksanakan dengan baik sesuai prinsip Kurikulum Merdeka, ditandai dengan penyusunan modul ajar, capaian pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, serta pelatihan untuk guru mata pelajaran dan menyesuaikan pembelajaran dengan minat dan kebutuhan. (2) Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMK dan SMA Muhammadiyah Kota Palu berjalan baik dengan penerapan berbeda tahap dan penguatan Profil Pelajar Pancasila secara kontekstual dan kolaboratif; (3) Evaluasi pembelajaran sejarah di SMK dan SMA Muhammadiyah Kota Palu menggunakan asesmen formatif dan sumatif dengan metode fleksibel; (4) meski menghadapi kendala seperti minat siswa rendah dan kurangnya pelatihan guru yang diatasi melalui metode interaktif dan pembelajaran mandiri; (5) oleh karena itu diperlunya penelitian mendalam terkait strategi yang digunakan dalam mengatasi kendala implementasi Kurikulum Merdeka, serta untuk mengkaji dampaknya terhadap peningkatan hasil belajar siswa secara berkelanjutan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up