JudulPENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI KEGIATAN KEBHINEKAAN LOKAL DI SMP NEGERI 12 PALU |
Nama: ABELIA MENTEMAS |
Tahun: 2025 |
Abstrak Abelia Mentemas. 2025. Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Kegiatan Kebhinekaan Lokal di SMP Negeri 12 Palu. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing, Fajar Nugroho. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan kebhinekaan lokal di SMP Negeri 12 Palu; (2) Menjelaskan dampak penguatan Profil Pelajar Pancasila terhadap siswa melalui kegiatan kebhinekaan lokal; dan (3) Menjelaskan tantangan dan hambatan dalam implementasi penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan kebhinekaan lokal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode; (1) observasi; (2) wawancara; (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kebhinekaan lokal yang dilaksanakan dalam bentuk Gelar Karya, seni tari daerah, dan proyek budaya lainnya ikut aktif dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila, seperti gotong royong, kebhinekaan lokal, dan bernalar kritis. Meskipun demikian, masih terdapat kendala seperti keterbatasan pemahaman guru terhadap modul P5 dan rendahnya keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kegiatan kebhinekaan lokal mampu memperkuat dimensi karakter siswa sesuai Profil Pelajar Pancasila jika didukung dengan keterlibatan seluruh warga sekolah secara konsisten dan berkesinambungan. Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Kebhinekaan Lokal, Pendidikan Karakter, Kurikulum Merdeka. |