JudulPROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SARUDU |
Nama: RATNA |
Tahun: 2025 |
Abstrak RATNA, 2025. “Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Sarudu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Tadulako, Pembimbing Fajar Nugroho. S.Pd M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan, mengidentifikasi problematika, dan mengetahui bentuk solusi yang dilakukan dalam penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sarudu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sarudu mencakup tiga tahap, yaitu perencanaa n, pelaksanaan, dan evaluasi yang berpusat pada kebutuhan dan karakteristik siswa. Dalam prosesnya ditemukan berbagai problematika, di antaranya keberatan siswa terhadap proyek P5, kesulitan guru dalam pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan fasilitas, kurangnya pemahaman awal guru, serta kendala pengaturan waktu asesmen. Adapun solusi yang dilakukan sekolah dan guru meliputi sosialisasi manfaat P5, pendampingan siswa, pemetaan gaya belajar, pelatihan guru, pengoptimalan fasilitas, serta penjadwalan asesmen yang lebih terstruktur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Sarudu masih menghadapi tantangan, namun dapat diatasi melalui kerja sama antara sekolah dan guru agar pembelajaran sejarah berjalan lebih efektif dan sesuai dengan prinsip merdeka belajar. Kata kunci: Kurikulum Merdeka, Problematika, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 1 Sarudu. |