Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN MEDIA INFOKUS TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 PALASA
Nama: MOHAMAD ARAZ ALFARIZI
Tahun: 2025
Abstrak
Mohamad Araz Alfarizi (2025). Pemanfaataan media infokus terhadap proses pembelajaran sejarah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palasa.Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Hasan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Palasa dengan membahas 2 hal yaitu: (1) Apakah media infokus efektif terhadap proses pembalajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Palasa. (2) Bagaimana presepsi siswa mengenai pemanfaatan media Infokus oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan media infokus efektif terhadap proses pembelajaran sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Palasa, untuk mengetahui prespsi siswa mengenai pemanfaatan media infokus oleh guru. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini penggunaan media infokus dalam pembelajaran sejarah di kelas X terbukti sangat efektif dalam meningkatkan motivasi, pemahaman, dan proses transfer pengetahuan siswa. Media ini memungkinkan penyajian materi secara visual dan interaktif, yang membantu siswa memahami konsep-konsep kompleks dan memperkuat keterlibatan mereka dalam proses belajar. Persepsi siswa dalam penggunaan media infokus dalam pembelajaran sejarah menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan, meningkatkan keterlibatan serta motivasi siswa. Dengan menyajikan materi secara visual melalui video, gambar, dan elemen interaktif, infokus membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik dan mengurangi kebosanan. Kata Kunci : Media Infokus, Proses Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up