Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA LABSCHOOL UNTAD PALU
Nama: NADYA PUTRI FERENSIAH TOMBOKAN
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nadya Putri Ferensiah Tombokan, 2025. ”Persepsi Peserta Didik Terhadap Pemanfaatan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Labschool Untad Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Idrus A. Rore Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi peserta didik terhadap pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran sejarah serta faktor-faktor yang memengaruhinya di SMA Labschool Untad Palu. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga belas peserta didik memiliki persepsi positif terhadap penggunaan media audio visual, seperti video dokumenter, animasi, dan presentasi multimedia, karena media tersebut membuat pembelajaran lebih menarik, interaktif, dan memudahkan pemahaman materi sejarah yang kompleks. Namun, terdapat pula lima peserta didik yang berpresepsi negatif terkait penggunaan media audio visual seperti, durasi media yang terlalu panjang, ketidak relevanan konten, dan minimnya pendampingan guru. Faktor internal seperti minat belajar, gaya belajar visualauditori, dan pengalaman belajar, serta faktor eksternal seperti kualitas media, relevansi materi, dukungan guru, dan kondisi lingkungan belajar, menjadi penentu utama persepsi peserta didik. Implikasi penelitian ini menekankan pentingnya optimalisasi kualitas media, pelatihan guru dalam mengintegrasikan teknologi, serta penyesuaian konten dengan kebutuhan pembelajaran untuk meningkatkan efektivitas penggunaan media audio visual. Kata Kunci: Persepsi Peserta Didik, Media Audio Visual, dan Pembelajaran Sejarah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up