Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeranan Motivasi Guru Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VlllA SMP NEGERI 3 SIRENJA
Nama: ASTRI WANA
Tahun: 2025
Abstrak
STRAK Astri Wana, (2025). Peranan motivasi guru untuk meningkatkan Prestasi belajar siswa pada mata Pelajaran IPS di kelas viii A SMP negeri 3 sirenja. Skripsi, dan Program studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Prof. Dr. Juraid, M. Hum. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sirenja dengan membahas dua hal yaitu: (1) Peranan Motivasi guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII A SMP Negeri 3 sirenja. (2) Prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sirenja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui motivasi guru IPS di kelas VIII A SMP Negeri 3 sirenja, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas kelas VIII A SMP Negeri 3 sirenja. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari Peranan Motivasi Guru untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII A SMP Negeri 3 Sirenja pertama motivasi guru memiliki peranan aktif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penggunaan metode pengajaran yang bervariasi dan menarik membuat siswa lebih aktif dan mudah memahami materi. Selain itu, pemahaman konsep yang baik, dukungan dari guru dan orang tua, serta interaksi positif dengan teman sebaya sangat membantu menciptakan motivasi yang kuat bagi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian ini juga memberikan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 3 Sirenja menunjukkan bahwa motivasi guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran, yang dipengaruhi oleh faktor kognitif, afektif, dan psikomotorik, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan prestasi mereka. Kata Kunci: Perananan motivasi, prestasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up