Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Palu
Nama: WIBOWO AIRLANGGA
Tahun: 2025
Abstrak
Wibowo Airlangga. 2025. Pegaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 3 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Idrus A Rore, S.Pd., S.H., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh game online terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Palu dengan jumlah sampel 94 peserta didik. Pengambilan data dilakukan dengan memanfaatkan angket yang dirancang menggunakan media google form sehingga menjadi suatu instrumen dengan model skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara game online terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Palu dengan nilai t hitung sebesar 7,326, nilai ini lebih besar daripada t tabel yang bernilai 1,986 yang artinya game online (variabel X) memiliki berpengaruh terhadap motivasi belajar (variabel Y) peserta didik. Adapun nilai analisis korelasi yaitu sebesar 0,525, jika berkaca pada interpretasi korelasi spearman rank maka nilai tersebut memiliki makna bahwa game online memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 3 Palu. Kata kunci: Game Online, Motivasi Belajar.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up