Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMENINGKATKAN PEMAHAMAN SEJARAH MELALUI PENGGUNAAN CHATBOT AI DI KELAS XI IPS 1 SMA 4 SIGI
Nama: MA'RUF
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Ma’ruf, 2025. “Meningkatkan Pemahaman Sejarah Melalui Penggunaan Chatbot AI Di Kelas Xi IPS 1 SMA 4 Sigi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Suyuti. Penelitian ini membahas tentang bagaimana efektivitas penggunaan Chatbot AI dalam meningkatkan pemahaman Sejarah siswa di kelas XI IPS 1 SMA 4 Sigi. Bertujuan untuk Mengetahui efektivitas penggunaan Chatbot AI dalam meningkatkan pemahaman sejarah siswa di kelas XI IPS 1 SMA 4 Sigi. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan berbasis siklus dari Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes, Lembar Observasi, dan Lembar Catatan Lapangan. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti dapat menarik Kesimpulan bahwa terdapat peningkatan pemahaman sejarah siswa melalui penggunaan Chatbot AI dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN 4 Sigi. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan pencapaian persentase ketuntasan belajar Klasikal siswa pada Post-Test siklus I sebesar 29%, mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 77,4%. Pada hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 44,4?n 58,3% sedangkan untuk siklus II yaitu sebesar 75?n 80,5%. Dengan hasil yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa sudah baik dalam kegiatan pembelajaran.Kata Kunci: Pemahaman, Sejarah, ChatGPT.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up