Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPeran Guru Dalam Mengintegrasikan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Sarjo
Nama: IRMA
Tahun: 2025
Abstrak
Irma, 2025. “Peran Guru Dalam Mengintegrasikan Media Audio visual Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA Negeri 1 Sarjo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing: Hasan Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran guru dalam mengintegrasikan media audio visual di kelas XI SMA Negeri 1 Sarjo? Dan bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Sarjo? Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis peran guru dalam mengintegrasikan media audio visual di kelas XI SMA Negeri 1 Sarjo dan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMa Negeri 1 Sarjo. Penelitian ini bermanfaat untuk memperkaya teori pembelajaran sejarah melalui media audio visual, serta membantu guru, siswa, dan sekolah dalam meningkatkan efektivitas, pemahaman, dan kualitas pembelajaran. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) bahwa guru berperan sebagai fasilitator yang aktif dalam merancang dan menerapkan media audio visual seperti PowerPoint (PPT) dan video dalam proses pembelajaran. Integrasi media tersebut menciptakan suasana belajar yang lebih menarik, menyenangkan, dan interaktif. Penggunaan media audio visual terbukti memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman siswa. 2) pengaruh Penggunaan media audio visual terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Sarjo, hal ini dibuktikan respon siswa yang menunjukkan antusiasme dan konsentrasi yang lebih tinggi selama pembelajaran berlangsung. Mayoritas siswa menyatakan bahwa mereka lebih mudah memahami materi ketika guru menggunakan media audio visual dibandingkan dengan metode ceramah konvensional serta menunjukkan nilai ulangan harian yang meningkat. Oleh karena itu, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran sejarah sangat disarankan untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna dan adaptif terhadap kebutuhan generasi digital. Kata kunci: Peran Guru, Media Audio visual, Pembelajaran Sejarah, Pemahaman siswa

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up