JudulPersepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Sejarah Di MAN 1 Palu |
Nama: FAUZIAH |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Fauziah, 2025 “Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran sejarah di MAN 1 Palu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendiidkan, Universitas Tadulako. Pembimbing Suyuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap pembelajaran sejarah di MAN 1 Palu. Fokus penelitian ini meliputi tiga tahap utama dalam proses pembelajaran, yaitu tahap pembukaan, tahap inti, dan tahap penutup. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan utama peserta didik serta guru sejarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik memiliki persepsi positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah. Pada tahap pembukaan, guru secara konsisten menyapa, memberi salam, memimpin doa, melakukan apersepsi, menyampaikan tujuan, dan memberikan motivasi awal. Pada tahap inti, guru menyampaikan materi secara jelas, menggunakan metode bervariasi, dan melibatkan peserta didik dalam diskusi serta tanya jawab. Sedangkan pada tahap penutup, guru menyampaikan kesimpulan, memberikan evaluasi, umpan balik, serta motivasi penutup. Seluruh tahapan ini dinilai telah membangun suasana pembelajaran yang menyenangkan, komunikatif, dan memotivasi siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti pelajaran sejarah. Kata Kunci: Persepsi peserta didik dan pembelajaran sejarah. |