JudulPERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMPN 19 PALU |
Nama: AWALUDDIN |
Tahun: 2025 |
Abstrak Awaluddin, 2025. “Peran Orang Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 19 Palu.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Idrus Rore. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 19 Palu? 2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 19 Palu?. Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk menjelaskan peran orang tua dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 19 Palu. 2) Untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 19 Palu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis, yang melibatkan observasi, wawancara terstruktur, dan analisis dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Informan penelitian terdiri dari siswa, guru IPS, dan orang tua siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) peran orang tua berkontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa melalui berbagai bentuk dukungan, seperti menyediakan fasilitas belajar, memberikan motivasi, dan menciptakan lingkungan yang kondusif di rumah. Dukungan moral dan emosional yang konsisten, serta keterlibatan aktif dalam proses belajar, mendorong siswa untuk lebih termotivasi dan disiplin. 2) faktor yang mempengaruhi hasil belajar ada dua yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi motivasi, minat, kemudian kesehatan fisik juga mempengaruhi. Faktor eskternal yang meliputi dukungan keluarga, sekolah, lingkungan masyarakat, dan teman sebaya. Kata kunci: peran orang tua, dan hasil belajar. |