JudulIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X-A SMA NEGRI 4 PALU |
Nama: MULIANI |
Tahun: 2025 |
Abstrak Muliani. 2025. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X-A SMA Negeri 4 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas Tadulako. Pembimbing . Idrus A Rore. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran Berdiferensiasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas XA SMA Negeri 4 Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini implementasi pembelajaran berdiferensiasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di kelas X menunjukkan bahwa pemahaman guru sejarah di SMA Negeri 4 Palu terhadap konsep pembelajaran berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka cukup baik namun masih perlu ditingkatkan. Guru memahami bahwa diferensiasi bertujuan menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan kesiapan siswa, serta menerapkannya melalui tugas bervariasi, pengelompokan siswa, dan penggunaan media yang berbeda. Namun, penerapan masih mengalami kendala seperti terbatasnya waktu, fasilitas, dan jumlah siswa yang besar, serta masih adanya guru yang belum sepenuhnya memahami konsep ini. Meski demikian, dukungan berupa pelatihan dan diskusi guru telah membantu meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran sejarah. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka dan Pembelajaran Sejarah |