| JudulPENGARUH DISIPLIN DOSEN TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNIVERSITAS TADULAKO |
| Nama: NATASYA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Natasya (A31121032), 2025. Pengaruh Disiplin Dosen Terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tadulako. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Tadulako. Pembimbing Bapak IdrusRore. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh disiplin dosen terhadap kepuasan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Tadulako. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling. Sampel terdiri atas 100 mahasiswa dari populasi berjumlah 410 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui angket berbasis Google Form. Hasil analisis menggunakan SPSS versi 26 menunjukkan nilai koefisien korelasi spearman’s (?) sebesar 0,514 dengan nilai signifikansi (pvalue) 0,000. Nilai tersebut mengindikasikan adanya pengaruh positif dengan kategori sedang antara disiplin dosen dan kepuasan belajar mahasiswa. Nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 menegaskan bahwa pengaruh tersebut signifikan secara statistik sehingga hipotesis nol (H?) ditolak dan hipotesis alternatif (H?) diterima. Dengan demikian, disimpulkan bahwa disiplin dosen memberikan kontribusi yang bermakna dalam meningkatkan kepuasan belajar mahasiswa. Kata Kunci : Disiplin Dosen dan Kepuasan Belajar. |