| JudulPERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO DOKUMENTER SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANAWA |
| Nama: HIKMA |
| Tahun: 2025 |
| Abstrak Hikma, 2025. Perbandingan Hasil Belajar IPS Menggunakan Media Video Dokumenter Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Banawa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Nuraedah. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Apakah penggunaan video dokumenter dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri I Banawa?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan video dokumenter dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 01 Banawa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Kuasi Eksperimental dengan desain true experimental Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banawa berjumlah 120 siswa, dengan sampel siswa kelas VIII B sebanyak 30 siswa sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan video dokumenter, dan siswa kelas VIII D sebanyak 30 siswa sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan video dokumenter. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar IPS berupa tes pilihan ganda sebanyak 20 soal. Data instrumen tes analisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t menggunakan Microsoft Exel. Hasil penelitian dengan kriteria pengujian dengan taraf signifikansi (a) = 0,05 yaitu jika t_hitung > t_tabel diperoleh t_hitung = 2,366 dan t_tabel = 2,003 sehingga hipotesis nol (H_0) ditolak dan hipotesis alternatif (H_1) diterima, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video dokumenter pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Banawa dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Hasil Belajar IPS |