JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DI SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: ARMALIANA MOH. ADAM |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Armaliana Moh. Adam. 2025. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Sejarah di SMA Negeri 1 Sindue”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Idrus A. Rore, S.Pd., S.H., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hasil belajar siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran sejarah kelas XI di SMA Negeri 1 Sindue. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tahun Pelajaran 2024/2025 berjumlah 221 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) meningkatkan hasil belajar sejarah siswa di SMAN 1 Sindue. Dibandingkan dengan Task-Based Learning (TBL), model TGT lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar. Aktivitas permainan dan kompetisi antar kelompok mendukung kerja sama serta keterampilan sosial siswa. Dengan peran guru sebagai fasilitator, pembelajaran tetap menyenangkan dan hasil akademik tercapai optimal. (2) Model pembelajaran TGT lebih efektif meningkatkan hasil belajar sejarah dibandingkan TBL di SMAN 1 Sindue. Kelas eksperimen dengan TGT mencatat rata-rata nilai 82,50, lebih tinggi dari kelas kontrol dengan TBL yang mencapai 61.39. TGT, dengan elemen permainan dan kerja sama, meningkatkan hasil belajar secara signifikan. Model ini efektif menciptakan pembelajaran interaktif dan menyenangkan, sehingga layak diterapkan lebih luas. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Hasil Belajar, Pembelajaran Sejarah. |