JudulEfektifitas Pemanfaatan Quick Response (QR) Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI-A SMA Negeri 2 Palu |
Nama: LITA APDILA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Lita Apdila. 2025. Efektifitas Pemanfaatan Quick Response (QR) Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI-A SMA Negeri 2 Palu. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Idrus A. Rore, S.Pd., S.H., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan pada Quick Response (QR) Code Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI-A SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Tahun pelajaran 2024/2025 berjumlah 540 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan Teknik Simple Random Sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest-posttest. Hasil penelitian dengan uji t test diperoleh nilai ????????????????????????? > ???????????????????????? yaitu 10.407 >1.689. Hasil ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar tes awal eksperimen dan tes akhir eksperimen sehingga dapat dikatakan bahwa pemanfaatan pada Quick Response (QR) Code meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI-A SMA Negeri 2 Palu. Kata kunci: QR Code, Pembelajaran Sejarah dan Hasil Belajar |