Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X E SMA Negeri 1 Sigi
Nama: HIJRATUL
Tahun: 2025
Abstrak
Hijratul, 2025 “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X E SMA Negeri 1 Sigi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Tadulako, Pembimbing : Hasan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya hasil belajar siswa di kelas X E, yang dibuktikan melalui nilai rata-rata ujian semester ganjil tahun ajaran 2024/2025 mata pelajaran Sejarah sebesar 31,88 serta penggunaan metode pembelajaran konvensional yang dianggap membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas X E. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi eksperimen desain non-equivalent control group, yang melibatkan kelas eksperimen (X E) dan kelas kontrol (X F) dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling, dan sampel penelitian terdiri dari 29 siswa. Hasil penelitian pada uji analisis Mann Whitney U menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05, sehingga hipotesis alternatif (H?) diterima dan hipotesis nol (H?) ditolak. Dengan demikian, terdapat ada pengaruh yang signifikan dari model Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah di kelas X E di SMA Negeri 1 Sigi. Kata Kunci: Project Based Learning, Hasil Belajar, Pembelajaran

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up

https://bskap.kemendikdasmen.go.id/ https://bku.untad.ac.id/ https://bk.untad.ac.id/ https://martec.hangtuah.ac.id/ https://upapkk.untad.ac.id/ https://heylink.me/pisangbetqris https://skripsi.fk.uwks.ac.id/ https://tik.untad.ac.id/ https://simpeg-dbman.untirta.ac.id/ https://lppd.pacitankab.go.id/