Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN HISTORY CARD BERBASIS CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS VIII A SMP NEGERI 16 PALU
Nama: WINGKY HERMAWAN
Tahun: 2025
Abstrak
Wingky Hermawan, 2025. “Penerapan Media Pembelajaran History Card Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di Kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing : Suyuti Penulisan ini membahas tentang penerapan media pembelajaran History Card berbasis Canva dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar di kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu. Sehingga, penulisan ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran History Card berbasis Canva dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIII A SMP Negeri 16 Palu dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan berbasis siklus dari Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan penggunaan media pembelajaran History Card berbasis Canva pada proses pembelajaran, masing-masing terdiri dari tahap: (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data ini menggunakan tes tertulis berupa pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Pada siklus I hanya 8 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase sebesar 32%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa dengan persentase sebesar 76%. Selain itu, penggunaan History Card juga mampu meningkatkan antusiasme, fokus, dan keterlibatan aktif siswa selama pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran History Card berbasis Canva efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Kata Kunci: Media, History Card, dan Hasil Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up