Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI TKJ SMK NEGERI 1 BANAWA
Nama: NIFLA JUNIAR SHIVANI
Tahun: 2025
Abstrak
Nifla Juniar Shivani. 2025. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Video Dokumenter Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI TKJ Di SMK Negeri 1 Banawa” . Skripsi. Progaram Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahun Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing: Fajar Nugroho. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan proses pemanfaatan media pembelajaran video dokumenter dalam pembelajaran sejarah di kelas XI TKJ; (2) Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran video dokumenter dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas XI TKJ; dan (3) menganalisis bagaimana kendala yang dihadapi siswa kelas XI TKJ setelah adanya penggunaan media pembelajaran video dokumenter dalam mata pelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian adalah guru sejarah dan siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Banawa. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara sistematis untuk mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai penggunaan media video dokumenter dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media video dokumenter terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari meningkatnya antusiasme siswa ketika mengikuti pembelajaran, keterlibatan aktif dalam diskusi setelah pemutaran video, serta keinginan siswa untuk menonton ulang materi video yang telah dipelajari. Guru juga mengamati adanya perubahan positif dalam perilaku belajar siswa, seperti lebih rajin mencatat dan berani mengajukan pertanyaan. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa kendala seperti keterbatasan fasilitas teknis, durasi video yang terlalu panjang, dan adanya siswa yang kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media video dokumenter merupakan strategi yang efektif dalam pembelajaran sejarah karena dapat menumbuhkan minat, meningkatkan keterlibatan, dan memperkuat motivasi belajar siswa di kelas XI TKJ SMK Negeri 1 Banawa.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up