JudulPengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siniu Tahun 2023/2024 |
Nama: RAHMA DITA |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rahma Dita, 2024.” Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siniu Tahun 2023/2024”. Skripsi. Program studi Pendidikan Sejarah. FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing Bapak Juraid Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis pengaruh pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siniu. 2) menganalisis hasil belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Siniu dengan pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar lebih baik dibandingkan hasil belajar IPS siswa dengan metode ceramah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen menggunakan bentuk eksperimen Prettest-Posttest Control Group Design untuk data hasil belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda dan angket gaya belajar. Berdasarkan angket gaya belajar diketahui bahwa terdapat siswa dengan gaya belajar visual 30%, auditori 50?n kinestetik 20% pada kelas kelompok eksperimen. Teknik analisis data menggunakan Uji Paired Sample T-Tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa 1) berdasarkan uji t hipotesis diperoleh nilai thitung>ttabel yaitu 28,05 ? 1,686 (sig.5%) maka sesuai dengan kriteria pengujian Ho ditolak Ha diterima. Dengan demikian Terdapat pengaruh pembelajaran berdifefrensiasi gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Siniu sebesar 26,7?ngan nilai sig sebesar 0,000. 2) kelas eksperimen memperoleh mean sebesar 69,35 sedangkan kelas control memperoleh mean 56,25 sehingga hasil belajar IPS siswa dengan pembelajaran berdiferensiasi gaya belajar lebih baik dari pada pembelajaran metode ceramah di SMP Negeri 1 Siniu kelas VIII. Dan korelasi antara pembelajaran bediferensiasi gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa sebesar 0,803 masuk dalam kategori kuat. Kata Kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Gaya Belajar, Hasil Belajar IPS |