Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IX DI SMP NEGERI 6 GADUNG KABUPATEN BUOL
Nama: SASKIA DAENG P
Tahun: 2025
Abstrak
Saskia, 2024 A31120108. Penggunaan Video Animasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX Di SMP Negeri 6 Gadung Kabupaten Buol, Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Mahfud Gamar. Permasalahan dalam skripsi ini yaitu : Apakah penggunaan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Gadung ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan jika penggunaan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Gadung. Penelitian ini merupakan Jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS.30 uji t independent samples test. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 33 siswa. Berdasarkan data yang diperoleh, dekelolah dan dianalisis, maka hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara nilai rata-rata siswa. Pada kelas kontrol (tanpa video animasi) nilai rata-rata 53,00. Pada siswa kelas eksperimen (Menggunakan video animasi) nilai rata-rata 69,53. Diketahui bahwa pada nilai t hitung = 3,604 dengan Sig (2-tailed)= 0,001 dan nilai t table = 2,039 maka, t hitung 3,604>ttabel=2,039 maka disimpulkan bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Berdasarkan temuan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 6 Gadung. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Media Video Animasi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up