JudulSejarah Pemasaran Kain Tenun Donggala Desa Towale |
Nama: AHMAD FIRMAN |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak: Permasalahan dalam penelitian ini adalah: : 1) bagaimana produksi dan penjualan kain tenun Donggala?, 2) bagaimana perkembangan pemasaran kain tenun Donggala?, 3) bagaimana saluran pemasaran Kain tenun Donggala?. Tujuan dari penelitian yaitu 1) mendeskripsikan proses produksi kain tenun Donggala. 2) menguraikan perkembangan pemasaran kain tenun Donggala dari sisi historis dan strategi pemasaran yang dilakukan. 3) menguraikan berbagai macam saluran pemasaran kain tenun Donggala di Desa Towale. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah berupa heuristik atau pencarian sumber melalui sumber lisan ataupun pustaka, kritik sumber, interpretasi dan historigorafi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa 1) kain tenun Donggala dalam proses produksi nya masih menggunakan cara tradisional dan mengalami peningkatan produksi. 2) pemasaran kain tenun Donggala tahun 2012-2023 mendapati banyak perkembangan dalam hal pelestarian kebudayaan yang berpengaruh pada pemasarannya seperti kenaikan harga dan kepopulerannya yang meningkat karena adanya program pelestarian kebudayaan. 3) distribusi pemasaran kain tenun Donggala memiliki berbagai macam saluran namun yang paling sering ditemukan ialah saluran antara pengrajin langsung dengan konsumennya, saluran pemasaran yang kedua ialah antara pengrajin ke pengumpul lalu ke konsumen, dan yang terakhir saluran pemasaran melalui pengrajin ke pengusaha lalu dipasarakan ke konsumen. |