JudulKREATIVITAS GURU DALAM MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA NEGERI 1 PALU |
Nama: MOH. FAHMI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Fahmi, (2024) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PALU. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing : Prof. Dr. Juraid, M.Hum. Skripsi ini mempunyai persoalan (1) Bagaimana Kreativitas Guru di SMA Negeri 1 Palu ? (2)bagaimana hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Palu (1) menjelaskan Kreativitas guru pada pelajaran sejarah sejarah di SMA Negeri 1 Palu (2) Menjelaskan hasil belajaran siswa pada penelitian kualitatif deskriptif. Subyek pada skripsi ini adalah guru dan siswa. Pengumpulan data dilaksanakan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Skripsi ini menunjukan bahwa Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Palu (1)Tergambar pada saat pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas.bentuk Kreativitas seorang guru sejarah yaitu ditunjukan dengan menjelaskan tujuan pembelajaran yang jelas, untuk menjamin evaluasi yang benar. (2) Kreativitas guru dalam pengunaan media pembelajaran. Bentuk kretivitas seorang guru sejarah yaitu agar bisa membantu proses pembelajaran karena sangat mudah untuk diakses dan kebanyakan siswa disekolah sudah mengunakan android (3) Guru dapat menciptakan suasana belajar yang nyaman,aman dan bebas. Bentuk kretivitas guru sejarah ini, menunjukkan sikap mengajar mata pelajaran sejarah yang santai dan tegas, sehingga membuat siswa semakin nyaman dalam belajar mata pelajaran sejarah. Kreativitas guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa sudah sangat mempengaruhi hasil belajar siswa sehingga hasil belajar mereka baik. Kata Kunci: Kreativitas, Guru dan hasil belajar. |