Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH GAYA MENGAJAR TEKNOLOGIS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS VII SMP NEGERI 12 PALU
Nama: NAFISATUNNAZIA
Tahun: 2025
Abstrak
ABSTRAK Nafisatunnazia,2025. “ Pengaruh Gaya Mengajar Teknologis Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 12 Palu”. Skripsi. Program studi Pendidikan Sejarah. FKIP, Universitas Tadulako, Pembimbing Juraid. Penggunaan gaya mengajar teknologis di sekolah merupakan kunci untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri dan fleksibel, selain itu pembelajaran jadi lebih menyenangkan, serta meningkatkan minat belajar. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar teknologis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di Kelas VII A SMP Negeri 12 Palu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Experimental Design (Nondesigns) yang menggunakan desain One-Group Pretest-posttest Design untuk data minat belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dimana pemilihan sampel dari populasi yang tidak direncanakan terlebih dahulu sebelumnya melainkan secara kebetulan, yaitu unit atau subjek tersedia bagi peneliti saat pengumpulan data dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket minat belajar siswa. Hasil Penelitian pada data Pretest diperoleh rata-rata minat belajar siswa 18,05, Posttest 29,27, Gain 11,22, dan peningkatan diperoleh 62,16%. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan gaya mengajar teknologis. Karena ada perbedaan yang signifikan, ini berarti menunjukkan ada pengaruh gaya mengajar teknologis terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII A SMP Negeri 12 Palu. Kata Kunci: Pengaruh, Gaya Mengajar, Teknolgis

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up