JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 2 PALU |
Nama: SUCI AULYA RAMADANI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Suci Aulya Ramadani. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Di Sma Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengatahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Prof. Dr. Juraid, M.Hum. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan perbedaan hasil belajar dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dan tidak menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada mat pelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan tujuan untuk mencari tau ada atau tidaknya hubungan sebab akibat pada suatu subjek yang sedang diteliti. Rancangan penelitian ini menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan 2 kelompok beljar yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dimana pengambilan smpel kedua tersebut tidak dipilih secara random.Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh data rata-rata hasil belajar Pre-test 56.67, Post-Test 80.61 sedangkan hasil penelitian pada kelas kontrol diperoleh rata-rata hasil belajar Pre-Test 52.00, Post-Test 73.56.Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar sejarah bagi siswa yang menerapkan pembelajarn kooperatif tipe Snowball Throwing dengan yang tidak menerapkan pembelajarn kooperatif tipe Snowball Throwing. Ini berarti ada ada pengaruh dari pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X C sebagai kelas eksperimen. Kata Kunci: Hasil belajar, Snowball Throwing |