JudulPengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa SMA Negeri 1 Torue |
Nama: NI LUH WINDIA WATNI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Ni Luh Windia Watni, 2024. Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pada Siswa SMA Negeri 1 Torue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Suyuti. Permasalahan penelitian ini yaitu: apakah ada pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Torue?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah pada siswa SMA Negeri 1 Torue. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental dengan desain true experimental Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Torue berjumlah 338 siswa, dengan sampel siswa kelas XI P1C sebanyak 35 siswa sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan video pembelajaran dan siswa kelas XI P2B sebanyak 35 siswa sebagai kelompok kontrol yang tidak menggunakan video pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes untuk mengukur hasil belajar sejarah berupa tes pilihan ganda sebanyak 30 soal. Data instrumen tes analisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t menggunakan SPSS (Statistical Program for Social Science) 25. Hasil penelitian dengan kriteria pengujian pada taraf signifikansi (?) = 0,05 yaitu jika thitung > ttabel diperoleh thitung = 4,399 dan ttabel =1,667sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan video pembelajaran terhadap hasil belajar Sejarah pada siswa kelas XI P1C di SMA Negeri 1 Torue. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Hasil belajar Sejarah. |