JudulHubungan Disiplin Siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 1 Parigi Barat |
Nama: FEBRIANTI WULANDARI |
Tahun: 2024 |
Abstrak Febrianti Wulandari, 2024. Hubungan Disiplin siswa Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Parigi Barat Kecamatan Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Iskandar, M.Hum. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masi rendahnya tingkat disiplin belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Subyek penelitian adalah siswa kelas X yang yang populasinya berjumlah 52 siswa. Dari jumlah populasi tersebut diambil sampel sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 84,6% siswa memiliki disiplin belajar dalam kategori sedang dan 46,1% siswa memiliki hasil belajar dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil r hitung 0,954. Dikonsultasikan pada nilai r tabel dengan N = 13, diperoleh nilai r tabel sebesar 0,254 pada taraf kepercayaan 5%. Oleh karena itu r hitung > dari r tabel (0,954 > 0,254 pada taraf kepercayaan 5%, maka () dinyatakan ditolak () diterima. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada hubungan yaang signifikan disiplin belajar dengan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Sejarah SMA Negeri 1 Parigi Barat Kecamatn Parigi Barat Kabupaten Parigi Moutong. Kata Kunci: Disiplin, Belajar, Hasil Belajar |