JudulEFEKTIVITAS PEMANFAATAN CANVA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 PALU |
Nama: RUKMINI |
Tahun: 2024 |
Abstrak ABSTRAK Rukmini, 2024: Efektivitas Pemanfaatan Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Palu, Skripsi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Dr. Idrus A. Rore, S.Pd., S.H., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain true eksperimental design pretest-postest control group. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Palu, dengan 2 kelas sebanyak 70 siswa yang dipilih secara random. Data penelitian diperoleh dari hasil pretest-postest dan lembar observasi. Hasil penelitian dengan Uji independent sampel t Test adalah diperoleh nilai t-hitung > t-tabel yaitu 13.529 > 1668. Hasil ini menunjukkan Terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. sehingga dapat dikatakan bahwa pemanfaatan Canva dalam proses pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Hasil Belajar dan Canva |