JudulPeran Guru Sejarah Dalam Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Di SMAN 2 BALAESANG |
Nama: NUR FUSNA FADILA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nur fusna fadila, 2024. Peran Guru Sejarah Dalam Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Di SMA Negeri 2 Balaesang. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Falkutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Charles Kapile. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam penguatan karakter siswa di SMA Negeri 2 Balaesang yakni lebih berfokus pada peran guru dalam membangun karakter siswa, untuk mengetahui kendala guru dalam membangun karakter siswa di SMA Negeri 2 Balaesang. Penelitian ini menggunakan motode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 15 orang siswa dan 1 guru sejarah, teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dan analisis data yang digunakan adalah rwdukasi data, penyajian data, penarikaan kesimpulan. Dalam membangun karakter siswa yaitu dengan menggunakan pendekatan keteladanan dan membiasakan pendidikan karakter yang meliputi: Religius, disiplin, jujur, kerja keras, mandiri, rasa ingin tahu, kreatif, menghargai prestasi, cinta tanah air. Kendala peran guru dalam membangun karakter siswa yaitu: Pengaruh pergaulan teman sebaya baik disekolah maupun dilingkungan masyarakat, Kurangnya Komunikasi Antara Orang Tua Siswa dan Siswa, Kurangnya Antusias Siswa Dalam Mengerjakan Tugas Secara Jujur Dan Mandiri. Dan dari hasil penelitian menunjukan bahwa: peran guru dalam membangun pendidikan karakter siswa di SMA Negeri 2 Balaesang dari jumlah 15 siswa dan 1 guru sejarah sebagai responden yang dapat di lihat dari hasil wawancara dan hasil dokumentasi penerapan pendidikan karakter dapat di simpulkan masuk dalam kategori baik. Kata Kunci : Peran Guru, Membangun Pendidikan Karakter |