Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI DI SMA NEGERI 9 PALU
Nama: ASMADINDA
Tahun: 2024
Abstrak
Asmadinda, 2024: “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 9 Palu". Skripsi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako Palu. Pembimbing Dr. Idrus A. Rore, S.Pd., S.H., M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match terhadap minat belajar siswa.Metode yang digunakan adalah quasi-experimental dengan dua kelompok: kelas eksperimen yang menggunakan model Make A Match dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian berupa angket minat belajar yang diukur sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian berdasarkan uji independent sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan, dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0> ttabel 1,680. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima”. Dengan demikian menunjukkan bahwa model Make A Match berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini membuktikan bahwa model Make A Match efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah. Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif, Make A Match, Minat Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up