Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS X DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMKN 1 LABUAN
Nama: LIDYA FARIANI
Tahun: 2025
Abstrak
Lidya Fariani, 2025. Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Siswa Kelas X Dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMKN 1 Labuan. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Labuan, (2) Bagaimana dampak positif dan negatif pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Labuan, (3) Apa faktor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Labuan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Menjelaskan pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Labuan, (2) Menjelaskan dampak positif dan negatif pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Labuan, (3) Menjelaskan factor yang mendukung dan menghambat pemanfaatan internet sebagai sumber belajar pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMKN 1 Labuan. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Siswa-siswi kelas X SMKN 1 Labuan telah memanfaatkan internet dalam pembelajaran sejarah, cara pemanfaatannya yaitu, guru memberikan tugas kepada siswa untuk mencari referensi tambahan melalui google agar siswa dapat memahami materi secara mendalam, siswa juga diberi kesempatan menggunakan google untuk menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru sejarah terkait materi yang sedang di pelajari. 2) Dampak positifnya yaitu kemudahan dalam mengakses informasi dan materi secara cepat, praktis dan efisien. Namun, terdapat dampak negatifnya yaitu ketergantungan pada internet dan terganggunya konsentrasi belajar. 3) Faktor pendukung pemanfaatan internet mencakup ketersediaan perangkat, jaringan Wi-fi, serta kemampuan siswa dan guru dalam mengakses internet. Sedangkan faktor penghambat yaitu jaringan internet yang lambat, keterbatasan siswa membawa handphone, dan perbedaan kemampuan siswa dalam menggunakan internet.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up