JudulEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SMAN 1 SINDUE |
Nama: FADIL |
Tahun: 2025 |
Abstrak ABSTRAK Fadil, (2025). Stambuk A 311 20 036 judul skripsi “ Efektivitas Pembelajaran Sejarah Dalam Pembentukan Karakter Disiplin iswa di SMA Negeri 1 Sindue”. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah. Juru san Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Unuversitas Tadulako. Pembimbing Iskandar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1)Bagaimana mengefektifkan pembelajaran sejarah melalui disiplin, (2) apa kendala-kendala mendisiplinkan siswa dalam pembelajaran sejarah, (3) Apa upaya yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Tujuan penulisan ini yaitu : Untuk mengetahui mengefektifkan pembelajaran sejarah melalui disiplin, Untuk mengetahui kendala kendala mendisiplinkan siswa dalam pembelajaran sejarah,Untuk mengetahui upaya yang harus dilakukan guru untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang meliputi : Subjek penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, dan teknik analisis data. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sindue. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Pengefektifan pembelajaran sejarah dapat dicapai dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif dan melibatkan siswa secara aktif. Melalui diskusi, partisipasi, serta kesepakatan kelas yang jelas, siswa belajar berpikir kritis, memperdalam pemahaman, dan membentuk karakter. Penerapan aturan konsisten seperti ketepatan waktu dan penyelesaian tugas membantu mendisiplinkan siswa, menciptakan lingkungan yang terstruktur, dan meningkatkan produktivitas belajar. (2) Kendala dalam pembelajaran sejarah meliputi waktu yang kurang ideal dan perbedaan kemampuan serta karakteristik siswa. Waktu pelajaran yang dijadwalkan di jam terakhir dapat mengurangi fokus siswa, sementara perbedaan kemampuan memerlukan pendekatan disiplin yang fleksibel. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu merancang aktivitas menarik dan dinamis, seperti diskusi kelompok dan media interaktif, serta menyesuaikan pendekatan dengan kebutuhan individu siswa. Dengan pendekatan kreatif dan kolaborasi dengan Bimbingan Konseling, pembelajaran sejarah dapat tetap efektif dan menyenangkan meskipun ada tantangan. (3) Pembelajaran sejarah yang efektif tidak hanya fokus pada pengetahuan, tetapi juga pada pembentukan disiplin dan karakter siswa. Dengan memberikan kesempatan untuk berpartisipasi aktif dan menyesuaikan metode pengajaran dengan karakteristik siswa, guru berperan sebagai fasilitator untuk mengembangkan tanggung jawab, kedisiplinan, dan kemampuan berpikir kritis. Pendekatan ini meningkatkan motivasi, kreativitas, dan kedisiplinan siswa dalam suasana belajar yang partisipatif dan bermakna. Kata Kunci : Efektivitas Pembelajaran Sejarah Dalam Pembentukan Karakter dan disiplin |