JudulHAMBATAN GURU SEJARAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMAN MODEL TERPADU MADANI PALU |
Nama: FITRI AWALIA |
Tahun: 2024 |
Abstrak Fitri Awalia, 2024, Hambatan Guru Sejarah Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Charles Kapile. Adapun permasalahan yang dikaji yaitu: 1) Bagaimana Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMAN Model Terpadu Madani Palu, 2) Apa saja hambatan guru sejarah dalam mengimplementasikan kurikulum belajar di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu, 3) Bagaimana upaya guru sejarah untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMAN Model Terpadu Madani Palu. (2) untuk mengetahui hambatan guru sejarah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMAN Model Terpadu Madani Palu. (3) untuk mengetahui upaya guru sejarah untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka di SMAN Model Terpadu Madani Palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriktif. Subjek penelitian ialah wakasek kurikulum dan guru sejarah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun tehnik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan Triangulasi Tehnik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMAN Model Terpadu Madani Palu terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan penilaian yang dilakukan guru sejarah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. (2) terdapat hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yaitu sulitnya mengubah mindset, kurangnya alokasi waktu dan akses internet yang kurang stabil. (3) upaya yang dilakukan guru sejarah untuk mengatasi hambatan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah mengikuti workshop dan belajar bersama, memanfaatkan alokasi waktu dalam pembelajaran, dan menggunakan sumber belajar lainnya. Kata Kunci: Hambatan, Implementasi, kurikulum Merdeka. |