JudulPenerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Mia 3 SMA Labschool UNTAD |
Nama: GABRIELLA G.C ULE |
Tahun: 2024 |
Abstrak Gabriella Goldha Cristy Ule (2024). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Mia 3 SMA Labschool UNTAD. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing: Lukman Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture dalam pelajaran Sejarah di kelas X Mia 3 SMA Labschool UNTAD Palu. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pendidikan dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Penelitian dilakukan dengan dua siklus, tiap siklus dengan tahapan pelaksanaan yaitu perencanaan (Planning), pelaksanaan (Acting), observasi (Observing), dan refleksi (Reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, pemberian tugas, dan wawancara, pemberian tes kepada siswa pada pra siklus yaitu hanya mencapai 25?ngan jumlah siswa yang bisa mencapai KKM hanya berjumlah 4 orang I2 orang siswa belum mampu untuk mencapai KKM yang telah ditentukan, adapun hasil dari tes siklus I meningkat menjadi 62,5?ngan jumlah siswa yang bisa mencapai KKM yaitu I0 orang dan 6 orang siswa belum mampu untuk mencapai KKM, dan pada siklus II hasil belajar siswa terus mengalami peningkatan dengan presentase 93,7?ngan jumlah siswa yang sudah bisa mencapai KKM 15 orang dan tersisa 1 orang siswa yang belum mampu untuk mencapai KKM.Model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah siswa, Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Picture and Picture, Sejarah |