Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulDampak Peralihan Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 3 Poso
Nama: FIFTA HULJANAH
Tahun: 2024
Abstrak
Fifta Huljanah, 2024, Dampak Peralihan Kurikulum 2013 Ke Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 3 Poso. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. H. Lukman. M. Hum. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat permasalahan kurikulum yang ada di SMA N 3 Poso terutama pada dampak yang di hasilkan dari peralihan kurikulum 2013 ke kurikulum merdeka belajar terkhusus pada Mata Pelajaran Sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun permasalahan yang di kaji yaitu: 1) Bagaimana penerapan kurikulum di SMA Negeri 3 Poso sebelum kurikulum merdeka belajar, 2) Bagaimana peran guru sejarah pada kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka belajar. 3) Bagaimana dampak peralihan kurikulum di SMA Negeri 3 Poso, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) SMA Negeri 3 Poso saat ini masih menggunakan 2 kurikulum sekaligus yaitu kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dan akan sempurna menggunakan kurikulum merdeka pada pertengahan tahun 2024. Penerapan kurikulum dilakukan berdasarkan perkembangan zaman dan peraturan pemerinta dalam Kemendikbudristek. Kurikulum 2013 diganti pada tahun 2022 dengan system IKM berubahan yang mana peralihannya dilakukan secara bertahap. 2) peran guru sejarah dalam kurikulum 2013 sebagai motivator dan fasilitator pembelajaran sedangankan pada kurikulum merdeka guru hanya berperan sebagai fasilitator 3) Dampak peralihan dirasakan oleh semua warga SMA Negeri 3 Poso mulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru mata pelajaran sejarah bahkan siswa selain itu dampak peralihan ini terbagi lagi yang mana terdapat 2 dampak yaitu dampak positif dan negatif selain itu dampak peralihan ini juga mempengaruhi mata pelajaran sejarah mulai dari model pembelajaran, dan jam mata pelajaran. Kata Kunci: Peralihan Kurikulum, dan Mata Pelajaran Sejarah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up