Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulUpaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pelajaran Sejarah Di Kelas X 1 SMA Negeri 7 Palu
Nama: NURUL HUMAIRA TASYA RANI
Tahun: 2024
Abstrak
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran sejarah di kelas X 1 SMA Negeri 7 Palu? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas X 1 SMA Negeri 7 Palu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 7 Palu (2) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Palu. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. (1) Hasil penelitian ini Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X 1 SMA Negeri 7 Palu bahwa upaya tersebut memerlukan kombinasi strategi kreatif dan pendekatan yang terencana. Guru harus mampu menjadikan sejarah relevan, menarik, dan bermakna bagi siswa. Dengan menciptakan lingkungan pembelajaran yang interaktif, mendalam dan memberikan siswa kontrol atas pembelajaran mereka, guru dapat menginspirasi minat belajar yang lebih tinggi dalam mata pelajaran sejarah. Dengan penggunaan teknik-teknik seperti narasi, visualisasi, diskusi, dan proyek kreatif, guru dapat membantu siswa memahami dan menghargai sejarah sebagai alat penting untuk memahami dunia saat ini dan masa depan. Selain itu, penghargaan, umpan balik positif, dan dukungan individual juga memiliki peran penting dalam memotivasi siswa untuk mengeksplorasi dan mendalami sejarah dengan semangat dan minat yang tinggi. (2) Faktor Pendukung Dalam proses pemberian motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah walaupun belum terlaksana secara maksimal, namun guru harus tetap memberikan motivasi belajar, hal ini karena didukung oleh rasa tanggungjawab guru yang memiliki fungsi sebagai motivator terhadap siswa, selain itu tuntutan kepala sekolah untuk mengintruksikan kepada guru agar selalu memberi semangat dan meningkatkan kemauan belajar siswa walaupun dengan konidisi sarana dan prasarana yang terbatas, penggunaan metode dan pemberian tugas merupakan bentuk faktor pendukung dalam peningkatan minat belajar siswa. Faktor penghambat Upaya guru sejarah dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah belum terlaksana secara maksimal, hal ini sesuai dengan peryataan yang dipilih responden dimana cenderung memilih pernyataan kadang-kadang dengan item soal mengenai upaya guru sejarah dalam meningkatkan minat belajar siswa, selain hal itu ini juga disebabkan karena fasilitas belajar yang ada di sekolah SMA Negeri 7 Palu masih sangat kurang, seperti belum digunakannya media infokus. Kata Kunci : Upaya Guru, Minat Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up