Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPenerapan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Sarjo
Nama: SARA ASTIA
Tahun: 2023
Abstrak
Sara Astia. 2023. Penerapan Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Sarjo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Di Bawah Bimbingan (I) Syuti dan (II) Mutawakkil. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang aktifnya siswa bertanya didalam kelas sehingga proses pembelajaran kurang efektif. Selain itu kurang pahamnya siswa dalam materi pembelajaran dikarenakan metode yang digunakan guru lebih pada metode ceramah dan sesekali menggunkan metode diskusi, penerapan metode diskusi yang diterapkan guru membuat siswa paham namun hanya sebagian siswa saja yang aktif ikut bertanya dan menyangga. Selain itu metode diskusi juga membuat siswa jenuh karna siswa – siswa yang pandai yang dalam hal ini mempunyai peran aktif dalam menjelaskan dan bertanya sehingga membuat siswa yang kurang pandai diam dan hanya melihat diskusi berjalan hingga selesai tanpa berbuat banyak dalam diskusi tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penerapan model kooperatif tipe investigasi kelompok dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran sejarah dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Sarjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model kooperatif tipe investigasi kelompok dapat mengaktiffkan siswa dalam proses pembelajaran sejarah dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Sarjo. Pelaksanaan penelitian penerapan model kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Sarjo pada tanggal 8 – 22 Mei 2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam hasil penelitian ini adalah observasi, Teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Melalui penerapan model kooperatif tipe investigasi kelompok dikelas XI IPS SMA Negeri 1 Sarjo dapat melibatkan siswa lebih aktif pada pembelajaran sejarah suasana belajar terasa lebih aktif, kerjasama kelompok dalam pembelajaran tersebut dapat membangkitkan semangat siswa untuk memiliki keberanian dalam mengemukakan pendapat dan berbag informasi dengan teman lainnya dalam membahas materi pembelajaran. Melalui penerapan model kooperatif tipe investigasi kelompok dapat melibatkan siswa lebih aktif pada mata pelajaran sejarah masih perlu ditingkatkan lagi. Kata kunci : Model Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok, Pembelajaran Sejarah.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up