JudulMeningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu |
Nama: DELVIANI PUTRI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Delviani Putri (2023) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Hasan, M.Hum Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Rancangan penelitian ini adalah One-Group Prestest-posttest Design. Adapun subjek yang diambil yaitu kelas X IPS 2 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 18 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi siswa dan guru, tes hasil belajar siswa dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa menggunakan model PBL adalah 82,5. Hal ini menunjukkan adanya kenaikan hasil belajar siswa. Perolehan nilai tersebut dimasukkan kedalam uju statistic t-score maka perolehan nilai thitung untuk model PBL yaitu 9,653 jika nilai thitung dikonsultasikan ke t tabel dengan jumlah subjek penelitian 36 orang siswa dan taraf kepercayaan 5% (? = 0,05) maka perolehan nilai t tabel yaitu 1,689. Sehingga t hitung>ttabel atau 82,5 > 1,689. Berdasarkan data penelitian kuantitatif, jika nilai thitung>ttabel maka Ho di tolak dan Ha di terima atau dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran sejarah pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 2 Palu. Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Problem Based Learning |