JudulSTRATEGI GURU SEJARAH DALAM MENGEFEKTIFKAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 SINDUE |
Nama: NURUL HIDAYAH RAHMAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Nurul Hidayah Rahmah,(2023) A31119061 yang berjudul Strategi Guru Sejarah Dalam Mengefektifkan Pembelajaran Sejarah di Kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Sindue. Skripsi, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako. Pembimbing Dr. Suyuti, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana strategi guru sejarah dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Sindue ? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi guru sejarah dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sindue. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan strategi guru sejarah dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sindue (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru sejarah dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah di kelas SMA Negeri 1 Sindue. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa strategi guru sejarah dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sindue adalah mempersiapkan materi sesuai dengan RPP, dan adanya penggunaan media pembelajaran membantu guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, dan saat pembelajaran berlangsung guru menjelaskan materi inti dengan menggunakan berbagai metode ceramah, metode tanya jawab dan kelompok. Faktor pendukung dan penghambat strategi guru sejarah dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Sindue. Faktor pendukung yaitu tersedianya media pembelajaran seperti infocus untuk menampilkan powerpoint, buku cetak, untuk penunjang materi, laptop, peta, dan globe. Sedangkan faktor penghambat strategi guru sejarah dalam mengefektifkan pembelajaran sejarah diantaranya waktu akses menuju kelas dan minat siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Strategi, Sejarah, Mengefektifkan pembelajaran |