JudulIMPLEMENTASI MEDIA E-LEARNING MADRASAH PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 1 KOTA PALU |
Nama: SITI ZULFA HIDAYANTI |
Tahun: 2023 |
Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan E-learning madrasah pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan E-learning madrasah pada mata pelajaran sejarah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Palu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara kualitatif menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi e-learning dalam pembelajaran Sejarah pada siswa kelas XI IPS yaitu melakukan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang berupa materi pembelajaran, metode yang digunakan sampai dengan evaluasi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran sejarah terdapat beberapa tahapan diantaranya pertama perencanaan, guru menyiapkan suatu rancangan perencanaan pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring, silabus, kemudian menyiapkan materi pembelajaran dalam bentuk Powerpoint (PPT), dan pemberian tugas. Kedua, pelaksanaan, guru mengupload materi dan menyampaikan point-point pentingnya saja, kemudian dilanjutkan sesi tanya jawab, dan pemberian tugas mandiri yang dikumpulkan sesuai deadline atau batas waktu pengumpulan. Ketiga, guru melakukan evaluasi pembelajaran, seperti penilaian yang dilihat dari hasil belajar siswa, sikap siswa dan dilihat dari praktik belajar. Kata Kunci: E-Learning Madrasah; pembelajaran sejarah |