JudulPemanfaatan Media Pouwtoo Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI Ips 2 SMA NEGERI MODEL TERPADU MADANI |
Nama: MAGVIRAH |
Tahun: 2024 |
Abstrak Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media powtoo dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah di kelas XI ips 2 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral/siklus dari kemmis dan taggart yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan pada tiap siklusnya yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah menggunakan media powtoon. Hal ini dibuktikan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 61,53% (cukup) meningkat 21,54% pada siklus II menjadi 83,07%( baik). Adanya peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan rata-rata yaitu 51,81 (18,18%) meningkat menjadi 63,81 (54,54%) disiklus I kemudain meningkat menjadi 82,35% (100%). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media powtoon dapat meningkatakan hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah kelas XI Ips 2 SMA Negeri Model Terpadu Madani. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, Hasil belajar, peristiwa-peristiwa penting di Eropa |