JudulDAMPAK PERUBAHAN KURIKULUM TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI SMA NEGERI 7 PALU |
Nama: NURANISA |
Tahun: 2023 |
Abstrak Nuranisa.2023. Dampak Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran Sejarah di Kelas XI SMA Negeri 7 Palu, Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tadulako, Pembimbing Idrus Rore Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana dampak perubahan kurikulum terhadap perencanaan guru mata pelajaran sejarah di kelas XI di SMA Negeri 7 Palu. (2) Bagaimana dampak perubahan kurikulum terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 7 Palu. (3) Bagaimana dampak perubahan kurikulum terhadap penilaian pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis dampak perubahan kurikulum terhadap perencanaan guru mata pelajaran sejarah di kelas XI di SMA Negeri 7 Palu. (2) Menganalisis dampak perubahan kurikulum terhadap pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 7 Palu (3) Menganalisis dampak perubahan kurikulum terhadap penilaian pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 7 Palu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran dengan penyusunan perangkat pembelajaran telah memuat modul ajar dengan adanya pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka belajar, modul ajar yang disusun guru sejarah sudah sesuai. (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 7 Palu telah sesuai ketentuan kurikulum merdeka belajar dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi motode pembelajaran yang bervariasi sesuai kebutuhan belajar murid seperti diskusi maupun pembelajaran di luar kelas (3) Penilaian hasil pembelajaran oleh guru sejarah sudah menggunakan penguatan penilaian pada literasi dan |